Assallamuallaikum.. Selamat Datang di Blog Kiki Ilmu Disini saya lebih cenderung berbagi info seputar Perkembangan Teknologi, Psikologi,Informatika Medis, Bio Informatika serta Trik dan Trik yang patut anda coba .

Wednesday 26 December 2012

11 Cara Mengamankan Akun Online Anda


tips internet aman
Anda pernah mengalami kebobolan akun online? Jika ya, sebaiknya Anda mengikuti tips internet aman berikut ini.


1. Gunakan Browser terpercaya

Saat ini banyak browser baru bermunculan. Masing-masing tentunya menawarkan kecepatan akses yang bagus. Saran saya, sebaiknya Anda hati-hati memilih browser.
Browser yang baik tidak hanya harus cepat, tapi juga harus aman.

2. Gunakan Antivirus Internet Security

Jangan hanya menggunakan antivirus standar. Gunakan antivirus edisi internet security. Antivirus Internet Security memiliki fitur pengaman tambahan untuk melindungi komputer dari serangan-serangan online.

3. Internet aman di tempat umum – Hapus Private Data

Jika Anda berada di warnet, tempat umum, atau komputer umum, pastikan Anda membersihkan private data pada browser tersebut setelah selesai mengakses internet. Jika Anda tidak melakukannya, bisa saja seseorang memanfaatkan data tersebut untuk membobol akun Anda.
Bagaimana cara menghapus private data? Baca artikel ini.

4. Buat password yang kuat

Buatlah password yang kuat. Password yang kuat tidak harus rumit jika Anda mengetahui cara membuatnya.

5. Gunakan HTTPS

Tips internet aman lainnya adalah selalu gunakan HTTPS saat Anda mengakses akun online Anda. Twitter, Facebook, Google adalah beberapa contoh website yang mendukung HTTPS. HTTPS akan sangat diperlukan ketika Anda mengakses internet lewat jaringan umum seperti hot spot. Tanpa HTTPS, seseorang dapat dengan mudah mencuri informasi login Anda.
Untuk menggunakan HTTPS, cukup ketikkan “https://” sebelum alamat website yang Anda tuju. Misalnya “https://www.facebook.com/”. Namun perlu diingat, tidak semua website mendukung HTTPS.

6. Khusus Google

Jika Anda memiliki akun Google (Gmail, Blogger, Feedburner, Google Apss, dll), sebaiknya Anda mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah. Dengan fitur ini, ketika seseorang login (termasuk Anda) maka orang tersebut harus memasukkan kode yang dikirimkan ke handphone Anda.
Ini dapat menjadi tanda bahaya ketika akun Google Anda akan dibobol. Ketika Anda menerima SMS kode verifikasi padahal Anda tidak mencoba login, ini artinya ada orang lain yang mengetahui password Anda. Segera ganti password Anda.
Bagaimana cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah? Baca di sini.

7. Khusus Facebook

Hampir mirip seperti Google, Facebook juga memiliki fitur verifikasi. Ketika terjadi login dari komputer asing (belum pernah untuk login) maka Facebook akan mengirimkan SMS pemberitahuan ketika terjadi login dari komputer lain. Dengan demikian Anda dapat mengetahui jika terjadi login yang dilakukan orang lain.
Selain konfirmasi melalui SMS, Facebook juga menawarkan berbagai fitur keamanan lain. Untuk mengetahui cara aktivasinya, silakan kunjungi halaman resmi bantuan keamanan Facebook.
Catatan: untuk memudahkan, sebaiknya Anda memilih Bahasa Indonesia. Jika masih dalam bahasa Inggris, klik link “English (US)” di kiri bawah (paling bawah halaman). Pilih “Asia-Pacific”. Pilih “Bahasa Indonesia”.

8. Jangan Sembarangan Menghubungkan Layanan Pihak Ketiga

Facebook, Google, Twitter, dll, mungkin menawarkan fitur login ke website pihak ketiga. Ini biasanya dapat dikenali dengan adanya tulisan “Login with Facebook”, “Login with Twitter”, dll.
Sebaiknya Anda tidak sembarangan menggunakan akun-akun tersebut untuk login. Bisa saja website tersebut mengandung program jahat yang dapat mencuri data akun-akun Anda. Pilihlah website terpercaya untuk menghubungkan akun online Anda.

9. Gunakan Email Sekali Pakai

Ketika Anda mendaftarkan diri ke sebuah website yang Anda sendiri ragu akan website tersebut, jangan gunakan email Anda. Gunakan email sekali pakai untuk mendaftar.
Bagaimana menggunakan email sekali pakai? Cukup cari di Google dengan kata kunci “disposable email”, maka akan muncul daftar website penyedia layanan email sekali pakai.

10. Gunakan dua email

Sebaiknya Anda memiliki 2 email. Satu untuk Anda publikasikan, satu lagi untuk keperluan keuangan seperti perbankan atau pembayaran online (Paypal, Alertpay, Google Adsense, dll).
Jangan sebarkan email untuk keperluan keuangan Anda. Ketika seseorang meminta alamat email, berikan saja alamat email satunya lagi. Kecuali jika dimintai alamat email untuk transfer dana seperti paypal, maka berikan alamat email keuangan Anda. Namun Anda harus tetap hati-hati dalam memberikan alamat email keuangan Anda. Jangan asal memberikannya ke orang asing yang meragukan.

11. Gunakan virtual credit card

Bagi Anda yang hobi belanja online dengan sistem pembayaran online seperti Paypal, sebaiknya gunakan virtual credit card. Dengan cara ini, akun Paypal Anda tidak langsung terhubung ke kartu kredit Anda. Kartu kredit Anda akan lebih aman dari resiko pembobolan.
Cukup cari di google dengan kata kunci “jual vcc”, maka Anda akan mendapatkan daftar website penyedian vcc.
Demikianlah beberapa tips internet aman. Dengan melakukan tips-tips di atas niscaya akun online Anda akan jauh lebih aman. Setidaknya akan perlu kemampuan hacking tingkat tinggi untuk membobolnya.
Seperti saya janjikan di atas, pada artikel berikutnya saya akan membahas beberapa poin internet aman dengan lebih detail. Oleh karena silakan berlangganan lewat email atau RSS untuk segera mengetahui artikel terbaru kami.
Referensi:
http://www.labnol.org/internet/online-accounts-security/19763/
Gambar:
http://www.lambstolions.com/thelionspride/wp-content/uploads/2009/10/internet_safety_for_our_children.jpg
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment