Assallamuallaikum.. Selamat Datang di Blog Kiki Ilmu Disini saya lebih cenderung berbagi info seputar Perkembangan Teknologi, Psikologi,Informatika Medis, Bio Informatika serta Trik dan Trik yang patut anda coba .

Saturday 23 March 2013

Bergaya Narsis dengan Efek Foto Cermin


Jakarta - Sering mengamati foto-foto para fashion blogger atau online shop bergaya urban? Penasaran bagaimana bisa membuat satu foto terdiri dari 2 orang dengan posisi yang saling berlawanan seperti berdiri di depan cermin? Khusus pada tutorial kali ini, teknik yang digunakan sangat mudah dan sederhana. Berikut tahapannya:


Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Perhatikan Layer tab, klik kanan pada layer Background (yang ada icon gembok-nya), lalu klik Layer from Background dan klik OK.

Sekarang layer Background menjadi layer bebas (tidak terkunci), nama "Background" bisa diubah ketika dialog box muncul sebelum mengklik OK pada saat membuka kunci layer.

Duplicate

Sekarang buat area untuk refleksi atau bayangannya, mudahnya yaitu dengan membuat ukuran lebar canvas menjadi dua kali lebih besar. Klik Image > Canvas Size dan dialog box akan muncul (lihat pada gambar). Perhatikan kolom-kolom di bawah New Size, ubah satuan ukuran menjadi "percent" dan ketikkan 100 pada kolom width kemudian klik OK.

Ukuran

Ketika area kosong sebesar ukuran foto asli sudah siap, geser foto ke kiri atau kanan (bergantung pada di mana posisi refleksi ingin diletakkan); klik Move Tool, tekan Shift dan klik tanda panah ke kanan/kiri di keyboard hingga gambar berada di paling ujung sisi halaman.

Seleksi

Pada contoh, posisi orang di foto asli dan bayangan/refleksi diposisikan saling berdekatan, oleh karena itu area di belakang model akan dihilangkan. Klik Rectangular Marquee Tool dan buat seleksi sepanjang area di belakang model lalu klik Delete (pada keyboard).

Area yang ingin dihapus bisa beragam, silakan hapus area manapun yang tidak ingin direfleksikan. Namun, bila ingin foto direfleksikan seperti aslinya, langsung saja menuju tahap berikutnya dan abaikan tahapan ini.

Refleksi

Beralih ke Layer tab, klik kanan satu-satunya layer di sana dan klik Duplicate Layer. Pastikan layer duplikat yang baru saja dibuat terpilih (di-highlight abu-abu tua), klik Edit > Transform > Flip Horizontal.

Layer kedua (layer duplikat) akan berbalik berlawanan dengan layer pertama. Geser (klik Move Tool dan gunakan keyboard seperti pada step-3) hingga kedua sisi bagian dalam foto bertemu dan tidak meninggalkan area kosong/transparan di tengahnya.

Buat seleksi (klik Rectangular Marquee Tool) di sekeliling foto (kecuali area yang kosong/transparan), lalu klik Image > Crop.

crop

Pastikan tidak ada area transparan yang tersisa/kelihatan. Sekarang save as hasilnya dalam format .JPEG dan hasilnya bisa dilihat pada gambar-gambar di bawah ini.

Hasil Akhir



Posisi refleksi tidak selalu saling berjajar seperti pada contoh, bisa juga atas dan bawah. Tinggal ubah saja ukuran height canvas untuk membuat area kosong tempat refleksi akan diposisikan. Selamat mencoba! :)

Sumber:  http://inet.detik.com/read/2013/02/25/103510/2178546/510/bergaya-narsis-dengan-efek-foto-cermin?id771108bcj
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment