Assallamuallaikum.. Selamat Datang di Blog Kiki Ilmu Disini saya lebih cenderung berbagi info seputar Perkembangan Teknologi, Psikologi,Informatika Medis, Bio Informatika serta Trik dan Trik yang patut anda coba .

Friday 22 February 2013

Usir Jauh-jauh Kencing Manis dengan 2 Sendok Kayu Manis


Jakarta, Kayu manis adalah rempah-rempah tertua di dunia yang banyak dihasilkan di Indonesia. Rempah ini sering digunakan sebagai bumbu masak dan campuran minuman. Selain beraroma sedap, kayu manis juga memiliki efek pengobatan, yaitu menurunkan kadar gula darah.


Para peneliti dari Ball State University di Indiana, AS menemukan bahwa kayu manis dapat membantu menurunkan gula darah dan meningkatkan kepekaan insulin. Temuan ini akan sangat membantu memerangi penyakit diabetes yang semakin meningkat kasusnya akhir-akhir ini.

Penelitian ini dilakukan terhadap 30 orang relawan berusia 18 - 30 tahun. Separuh di antaranya memiliki indeks massa tubuh yang sehat, sedangkan separuhnya lagi sudah dikategorikan obesitas. Kesemua peserta diberi sarapan sereal yang ditambahkan 6 gram atau sekitar 2,5 sendok kayu manis

Kadar gula darah peserta langsung diukur 15, 30, 45, 60, 90 dan 120 menit setelah makan. Hasil pemeriksaan menemukan bahwa rata-rata kadar gula darah peserta menurun sekitar 25 persen. Penurunan ini bertahan sampai 2 jam berikutnya. Sayangnya peneliti tidak memantau lebih lanjut sampai kapan efek ini bisa bertahan.

"Kami sangat terdorong oleh hasil penelitian ini dan merencanakan penelitian serupa pada individu yang memiliki pra diabetes dan diabetes. Kayu manis dapat ditambahkan ke berbagai makanan seperti yoghurt, kopi, teh, smoothie dan muffin," kata peneliti, Jo Carol Chezem seperti dilansir Counsel and Heal, Senin (11/2/2013).

Dalam laporan yang dimuat Journal of the Academy of Nutrition and Diatetics, Chezem berharap temuannya dapat dijadikan sebagai alternatif perawatan kesehatan yang murah untuk mengatasi diabetes. Biaya perawatan kesehatan di Amerika Serikat memang terkenal semakin mahal dari tahun ke tahun.

Diperkirakan ada sebanyak 347 juta orang di dunia yang mengidap diabetes. Jumlah yang memiliki pra diabetes diperkirakan jauh lebih banyak. Gejala pra diabetes ditandai dengan adanya kenaikan kadar gula darah melebihi normal, walaupun kadarnya tidak sampai masuk dalam kategori diabetes.

Sumber: http://health.detik.com/read/2013/02/11/105722/2166420/766/usir-jauh-jauh-kencing-manis-dengan-2-sendok-kayu-manis?l992205755
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment